DAFTAR PJTKI RESMI WILAYAH JOGJAKARTA

Februari 24, 2010

Yang mau berangkat ke luar negeri dengan aman dan tanpa efek samping yang macam-macam,artinya berangkat dengan nyaman, sampai tempat kerja dengan tenang ,bahkan kembali pulang dengan sangat senang alias duite akeh,ini tak berikan nama dan alamat  PJTKI resmi yang terdaftar sebagai penyalur resmi untuk para calon TKI wilayah Sleman Jogja.

Pesan dari salah seorang pegawai Kandepnaker Sleman,carilah PJTKI resmi yang terdaftar di Depnaker  agar semua enak dan nyaman,jangan sampai kena tipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,dan mintalah pada kami saran dan petunjuk jangan bertindak sekendak sendiri kami siap membantu anda  tanpa dipungut biaya sedikitpun,disampaikan oleh beliau bapak Bambang Haryadi di kantornya sewaktu kami mencari informasi tentang mana saja PJTKI terdaftar di wilayah sleman,dari pada kapusan atau ketipi eh ketipu he..he..

Intinya jangan datangi nama-nama yang tidak terdaftar di Depnaker karena  itu berbahaya dan jika terjadi sesuatu berarti anda harus siap menanggung sendiri penderitaanya,sedih,nyesel,kesel,mangkel,de el el. Kalau diiming-iming gaji besar,kerjaan enak jangan mau,itu pasti bohong,karena ga ada gaji besar kerja enak,itu omong kosong saja.Tp kalo ningu thuyul bisa kayaknya he…

DAFTAR PENYALUR TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI:

1. PT. LUHUR  ASA VRIMA

Jl. Janti No. 48-B Sleman, Yogyakarta

Tilp. (0274) 488871/488875

2. PT. NUSA SINAR FRAMATAMA cabang Yogyakarta

Jl. Wates Km. 5 Gamping Tengah No. 25 Sleman,Yogyakarta

3. PT.  KARYATAMA MITRA SEJATI cABANG Yogyakarta

Jl. Janti No. 56 Sleman Yogyakarta

4. PT.  SAFANA MITRA UTAMA Cabang Yogyakarta

Jl. Magelang Km. 5 Karanganyar No. 178 Sinduadi,Mlati,Sleman Yogyakarta

Tilp. (0274) 6627005

5. PT. MEGAH UTAMA KRIYA NUGRAHA Cabang Yogyakarta

Jl. Griya Perwita,Jl. Cana No.23 RT 09/37 Besi, Ngaglik,Sleman,Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km. 13 YK

Tilp. (0274) 897334 Fax. 895067

6. PT. SUMBER KENCANA SEJAHTERA

Jl. Godean Km. 5,7 No. 8 Nogotirto, Gamping,Sleman,Yogyakarta

Tilp. (0274)581405

7. PT. ANUGRAH DIANTAS

Ruko9 pasar Balecatur No. 7

Jl. Raya Jogja – Wates Km 5,5 Gamping,Sleman Yogyakarta

Tilp. 90274) 6542077/081392733132

8. PT. SAHARA FAJARINDO CORPORATION

jL. Wates Km. 04 No. 17 a Pelem Gurih RT 06 RW XI,

Banyuraden,Gamping,Sleman.

9. PT.  BINA KERJA CEMERLANG

Jl.Kaliurang Km. 12 Dusun Candi III RT 01 RW 05

Sardonoharjo,Ngaglik,Sleman,Yogyakarta

10. PT.  NPANDU ABDI PERTIWI

Jl. Sidodadi No. ! D Gemawang RT 01/43 Sinduadi,Mlati,Sleman, Yogyakarta

Tilp. (0274) 624981

11. PT. DUTA WIBAWA MANDA PUTRA Cabang Yogyakarta

Jl. Magelang Km. 11 Dukuh, Tridadi, Sleman, Yogyakarta.

Tilp. (0274) 7425344

12. PT. PERWATA MUSTIKA Cabang Yogyakarta

Jl. Magelang Km. 5 Kutu Raden RT 07/RW 15 Sinduadi,Mlati, Sleman, Yogyakarta

13. PT.  ASSANA CITA MITRA BANGSA Cabang Yogyakarta

Jl. Ringroad Utara Maguwoharjo No. 14 Desa Kembang RT 05/RW 62 Depok,Sleman,Yogyakarta

14. PT. IIN ERA SEJAHTERA Cabang Yogyakarta

Jl. Janti No. 56 Sleman, Yogyakarta

Jl. Raya Jogja – Wates Km. 5,5 Gamping,Sleman,Yogyakarta

Tilp. (0274) 6542077/081081392733132

15. PT. BINAWANINTI UTAMA

Jl. Kalibata Raya no. 25-30

Jakarta 13630,Indonesia

Tilp. (021) 31922864 Hunting Fax. (021) 31934860

16. PT. DHARMA KARYA RAHARJA Sleman Yogyakarta

Jl. Ring Road selatan Gamping Kidul, No. 109 A Gamping,Sleman,Yogyakarta

Tilp. (0274) 7493033

17. PT. SERE MULTI PERTIWI Gedung Megantara

Jl. Janti No. 56 Catur Tunggal, Depok,Sleman,Yogyakarta

Tilp. (0274) 7882919

18. PT. MANPOWER INDONESIA Cabang Sleman

Perumahan Jambon Aden Kav. 17 Trihanggo, Gamping,Sleman,Yogyakarta

Tilp. (0274) 7475155

19. dll menyusul untuk wilayah selain Jogja

Iklan

Awas Penipuan calon TKI

Februari 9, 2010

Akhir-akhir ini marak sekali model penipuan yang menggunakan beberapa modus,yang sebisa mungkin harus kita hindari sebab bagaimanapun juga penipuan adalah sangat merugikan,terutama jika kita ingin mencari pekerjaan yang ditawarkan orang lain yang belum kita kenal.

Yang menjadi incaran para penipu itu biasanya orang yang terburu-buru ingin segera mendapatkan pekerjaan,entah itu pekerjaan di dalam negeri sendiri maupuan pekerjaan di negeri lain.

Biasanya mereka menawarkan pekerjaan yang enak,terus gajinya juga besar kadang sampai puluhan juta per bulan.Lalu siapa yang tidak tergiur dengan itu,wah pasti semua hidung sangat tergiur, karena memang itulah yang kita damba-damba hidup didunia tanpa kekurangan harta.

Namun jangan buru-buru senang dulu dengan orang yang menawarkan pekejaan begitu enak itu,kita harus cek dulu kebenaranya,apakah benar adanya,jangan-jangan bakal kena tipi eh tipu kita ini.

Orang yang suka mencarikan pekerjaan kita itu sebutan kondangnya disebut broker,kata-katanya memang halus dan orangnya anteng dan tampak sangat baik pada orang lain,tapi sebenarnya kita ini sedang dipikirkan oleh mereka untuk ditipunya,tapi kita ga menyadarinya.

Kata manis yang biasa diucapkan broker itu memang jitu,biasanaya dia bilang kalo kamu kenal bapak dari dulu pasti kamu dah kaya dan enak hidupnya,terus sekarang mau ga kalo kamu berangkat ke luar negeri menggantikan si anu yang dari wilayah kota anu,soalnya sianu cancle karena ga diijinkan orang tuanya berangkat keluar negeri mau ga?

Mendapat tawaran seperti itu,ibaratnya kan tinggal berangkat ya kan? Wong cuman gantiin seseorang utuk berangkat,berarti urusanya ga sulit alias tinggal terbang aja kata kita.

Tapi lain dimulut lain pula dihati kata pepatah,kita udah terlanjur percaya ama tuh broker saking senengnya belum diminta uangpun kadang kita langsung tanya berapa ongkosnya?Ini merupakan suatu yang ditunggu oleh broker,kata broker “Nah ini makanan empuk gua ha..ha…”

Kemudian broker pura-pura jual mahal wong merasa dapat angin segar,lalu dia tawarkan bagaimana kalo 25 juta? Ya namanya udah tergiur mau berapa aja juga dibayar walaupun harus menjual galengan sak sawahnya,kemudian ributlah kita mondar-mandir menawarkan sawah dengan harga murah soale mau buru-buru laku terus buat modal berangkat ke luar negeri.Setelah laku walupun murah bergegas pula kita serahkan sama tuh broker,sambil senyum-senyum dia berkata uangnya saya terima tunggu aja 14 hari lagi kamu pasti terbang ke luar negeri.

Sambil menunggu waktu yang dijanjikan broker lalu kita diajak mondar-mandir ke Jakarta utuk mengurus segala perlengkapanya,termasuk paspor dan visa, biar kelihatan banget kalo udah mau berangkat,kemudian jajan dan makan-makan dengan uang yang telah kita serahkan tadi,makan aja sehari tiga kali direstouran,terus nginap di hotel,dan lain sebagainya,intinya mengurangi uang kita tadi.Sudah itu diajaklah kita ke PT ini PT itu pura-pura interview,padahal interview bohongan aja.Katanya sih itu usernya.

Satu hari dua hari berlalu kita mengurus ini itu di Jakarta,habislah uang kita dikantong,setelah selesai semua perlengkapannya maka diajaklah kita pulang kedesa untuk menunggu sampai batas waktu yang dijanjikan yaitu 14 hari.

Setelah 14 hari kita tunggu kok ga segera ada panggilan berangkat,lalu tambah gusar kita dibuatnya,kemudian kita datangi broker lagi ngobrol-ngobrol bagaimana baiknya,lalu dia katakan tunggu aja lagi sampai 14 hari lagi.Kalo kita menunggu mulai tanggal satu berarti terbang tanggal 14,pikiran kita udah menghitung terus kapan ya terbangnya?Sudah tanggal tanggal 14 eh malah suruh nunggu lagi…kecewalah kita,harus nunggu lagi sampai 14 hari lagi,begitu seterusnya.

Kalo udah sekali dua kali dijanjiin dan meleset segera periksa bener ga pengurusanya?jangan diam dan terus menunggu,soalnya kalo tidak pasti suruh nunggu dan nuuunggu.Kalo kita bosan menanyakan sama tuh broker dia makin senang wong ga ada beban,sedang kita udah korban waktu dan tenaga juga materi, habis jual sawah sih.

Lalu bagaimana kalo penantian kita tak kunjung tiba? Ya urus segera dan minta kembali uangnya,jangan diam dan tenang,karena uang kita sedikit banyak ya sudah hilang buat urus ini itu,tapi yakinlah bahwa uang itu kalo sudah di serahkan orang lain pasti sulit untuk diminta kembali,kadang kita malah seperti orang ngemis mau minta uang kita sendiri,betul tidak?

Biasanya broker itu cuma janji dan janji terus,dan tidak pernah tepat,kalo udah hari berganti hari minggu berganti minggu bulan berganti bulan tahun berganti tahun ga juga terbang,berarti anda kena tipu oleh broker,dan siap-siaplah anda akan menyesal,kenapa saya menyerahkan uang pada orang yang tidak bertanggung jawab?Penyesalan datang di akhirnya,maka jangan ceroboh dalam bertindak sesuatu utuk diri kita,karena ceroboh dan buru-buru  itu pekerjaan syetan yang akan menyesatkan kita.

Beberapa cara agar kita terhindar dari penipuan tenaga kerja oleh broker-broker luar negeri:

1. Jangan langsung percaya pada mulut manis orang

2. Jika anda ditawari pekerjaan periksa dulu job ordernya

3. Jika diminta uang cash jangan diberi

4. Kenali dulu broker dimana tinggalnya,rumah sendiri apa ngontrak

5. Kalo belum kenal orangnya jangan dulu percaya deh

Sebagai penutup kata Berusahalah yang terbaik untuk diri kita,jangan mau ditipu orang itu sangat menyakitkan,apalagi orang yang menipu kita itu ga kita kenal sama sekali,wah berat…

Gimana ga berat orangnya aja ga kita kenal,rumahnya cuma ngontrak,terus orang disekitar tempat tinggalnya ga da yang kenal,lalu kita mau tanya siapa?Ya itu ngalamat bahwa kita akan menderita…..ga mau kan??

Roomboy dikapal wisata phinisi kayu

Februari 8, 2010

Roomboy di kapal wisata phinisi kayu (kapal diving)

Menyoroti tentang tugas seorang roomboy kadang-kadang kita sering menganggap bahwa roomboy  itu seperti tak berharga banget gitu loh,apalagi seorang roomboy di kapal wisata phinisi kayu lokal,disitulah roomboy merasa sangat direndahkan martabatnya oleh sebagian orang yang tidak mengerti apa itu roomboy.Kadang kita dianggap sebagai tukang cleaning servis,yang harus membersihkan seluruh ruangan kapal phinisi sampai deck dan restauran juga dapur,wah kalo itu sudah ada petugasnya sendiri dan bukan tugas roomboy,malah ada dulu yang mengatakan roomboy itu ya cuma pesuruh juru mudi kata anak dari kapal tug boat.wah ya tidak bisa begitu bung!Meskipun tidak memiliki ijasah kelautan, kebanyakan roomboy di kapal phinisi  sekolah pariwisata 3 tahun loh,berpengalaman di hotel lagi.. jadi kalo disuruh-suruh sama orang yang tidak berhak menyuruh ya ga mau donk ya ga?

Memang sih kalo di ibaratkan segelundung mesin roomboy  hanyalah sebuah baut,dimana baut itu sangat gampang didapat,di jalan juga kadang ada yang jatuh ga dipungut, bahkan sangat tidak berarti sebab walaupun dalam satu mesin ada satu baut jatuh tidak jadi masalah besar karena masih ada baut-baut yang lain sebagai penopangnya.

Lalu apa yang menjadi pokok pembicaraan kita kali ini,yaitu bahwa kita ingin membenarkan pandangan orang-orang yang menganggap roomboy itu tak berharga di kapal wisata.Sering kalo dikapal phinisi kayu kecil keberadaanya tidak diperhatikan sama sekali,lain halnya  kalo dikapal pesiar asing seperti star cruise,yang memiliki  perwira service , karena kebanyakan tidak memiliki ijasah kelautan yang tinggi,sehingga roomboy di kapal phinisi kayu lokal  hanya dianggap tidak berguna,bahkan tidak ada roomboypun kapal tetap bisa berlayar.

Sebenarnya tidak demikian adanya, tugas roomboy sangat besar dimana harus menjaga kebersihan,keindahan,kenyamanan,dan keamanan ruangan tamu di kapal,bahkan sepertiga bagian kapal itu terdiri dari ruangan-ruangan yang harus dipertanggung jawabkan.

Jadi kalo begitu betapa besarnya tugas seorang roomboy,belum lagi ada satu kapal wisata yang memberlakukan roomboy juga harus menyelesaikan loundry,sehingga tugasnya jadi double, ya kalo sedikit ok,ok saja,ini cucian satu kapal loh..sedang itu kan tidak termasuk dalam kontrak kerja bahwa roomboy harus mengerjakan loundry.Wah gila bener!Jadi saran kita bila anda ingin menjadi roomboy berarti anda harus siap kerja keras tanpa henti selama jam kerja,apalagi kalo dikapal berati anda harus standbay selama 24 jam untuk melayani segala keperluan tamu tanpa boleh mengeluh dan capai.Hal lain yang harus diperhatikan jika anda memilih ingin jadi roomboy kapal wisata lokal,anda harus mengatasi segala kerusakan dikamar-kamar tamu dengan cepat,sebab kalo tidak maka tamu anda akan komplen sudah bayar mahal kok kamarnya ga nyaman.Maka kalo ada laporan dari tamu tentang kerusakan material kamar seperti atap bocor,kran jebol,atau bahkan ada kecoa yang ikut menemani tidur tamu,anda harus sigap dan cepat menanganinya,jangan sampai tamu komplen karena hal-hal kecil seperti diatas.Jadi intinya roomboy dikapal wisata harus bisa menjadi tukang segala tukang,misalnya kalo kran jebol roomboy harus bisa menjadi tukang pipa yang ahli pasang pipa berikut kran- nya,lalu kalo atap bocor roomboy harus menjadi tukang kayu yang harus menambal ternit kapal baik dengan kayu atau plastik,WC mampet juga menjadi tanggungan roomboy karena letaknya dikamar tamu,jadi anda harus bisa menjdi tukang sedot WC he..he..dan masih banyak hal lain lagi.

Maka untuk para perwira tolong perlakukan roomboy dengan sopan dan jangan anggap sebagai tukang cleaning servis yang tak berharga sama sekali dimata anda,karena tanpa roomboy yakinlah kalo kapal tidak akan bisa berlayar lancar,karena tidak mungkin tugas-tugasnya akan di handle oleh juru mudi,atau perwira karena tugasnya beda-beda dan membutuhkan ketelitian yang tidak semua orang mampu melakukanya dengan baik walaupun perwira kapal sekalipun.

Karena saya sendiri juga memiliki pekerjaan seperti itu,maka mari kita mengajak orang lain agar jangan memandang roomboy dengan rendah,karena pada dasarnya roomboy sangat dibutuhkan sebagai penaggung jawab kebersihan, keindahan,kenyamanan, dan keamanan di hotel maupun kapal wisata,kalo ga ada roomboy ya kapalnya ga laku wong kamarnya ga ada yang ngrawat,dan membersihkanya.apalagi ga ada roomboy ,meski ada roomboy  tapi kalo malas ya kapalnya ga akan laku,coba deh kalo ga percaya.

Tugas-tugas roomboy di kapal wisata lokal khusus diving:

1. Menyiapkan kamar yang akan dipakai tamu bermalam

2. Menyiapkan pool towel untuk tamu habis diving(kapal diving)

3. Menyiapkan handuk kamera untuk tamu

4. Membantu mengangkat tabung setelah tamu selesai menyelam

5. Mencuci linen yang dipakai tamu 3 hari sekali,dan di akhir trip

6. Mencuci pakaian tamu (tiap hari pasti ada)

7. Menyeterika dan melipatnya dengan rapi

8. Menangani keluhan tamu tentang kebocoran kamar,kran,WC bau,dll

9. Membantu juru mudi membuka layar jika diperlukan

Baca juga artikel kami tentang tempat-tempat diving di Raja Ampat

Hello world!

Februari 8, 2010

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!