Roomboy dikapal wisata phinisi kayu

Roomboy di kapal wisata phinisi kayu (kapal diving)

Menyoroti tentang tugas seorang roomboy kadang-kadang kita sering menganggap bahwa roomboy  itu seperti tak berharga banget gitu loh,apalagi seorang roomboy di kapal wisata phinisi kayu lokal,disitulah roomboy merasa sangat direndahkan martabatnya oleh sebagian orang yang tidak mengerti apa itu roomboy.Kadang kita dianggap sebagai tukang cleaning servis,yang harus membersihkan seluruh ruangan kapal phinisi sampai deck dan restauran juga dapur,wah kalo itu sudah ada petugasnya sendiri dan bukan tugas roomboy,malah ada dulu yang mengatakan roomboy itu ya cuma pesuruh juru mudi kata anak dari kapal tug boat.wah ya tidak bisa begitu bung!Meskipun tidak memiliki ijasah kelautan, kebanyakan roomboy di kapal phinisi  sekolah pariwisata 3 tahun loh,berpengalaman di hotel lagi.. jadi kalo disuruh-suruh sama orang yang tidak berhak menyuruh ya ga mau donk ya ga?

Memang sih kalo di ibaratkan segelundung mesin roomboy  hanyalah sebuah baut,dimana baut itu sangat gampang didapat,di jalan juga kadang ada yang jatuh ga dipungut, bahkan sangat tidak berarti sebab walaupun dalam satu mesin ada satu baut jatuh tidak jadi masalah besar karena masih ada baut-baut yang lain sebagai penopangnya.

Lalu apa yang menjadi pokok pembicaraan kita kali ini,yaitu bahwa kita ingin membenarkan pandangan orang-orang yang menganggap roomboy itu tak berharga di kapal wisata.Sering kalo dikapal phinisi kayu kecil keberadaanya tidak diperhatikan sama sekali,lain halnya  kalo dikapal pesiar asing seperti star cruise,yang memiliki  perwira service , karena kebanyakan tidak memiliki ijasah kelautan yang tinggi,sehingga roomboy di kapal phinisi kayu lokal  hanya dianggap tidak berguna,bahkan tidak ada roomboypun kapal tetap bisa berlayar.

Sebenarnya tidak demikian adanya, tugas roomboy sangat besar dimana harus menjaga kebersihan,keindahan,kenyamanan,dan keamanan ruangan tamu di kapal,bahkan sepertiga bagian kapal itu terdiri dari ruangan-ruangan yang harus dipertanggung jawabkan.

Jadi kalo begitu betapa besarnya tugas seorang roomboy,belum lagi ada satu kapal wisata yang memberlakukan roomboy juga harus menyelesaikan loundry,sehingga tugasnya jadi double, ya kalo sedikit ok,ok saja,ini cucian satu kapal loh..sedang itu kan tidak termasuk dalam kontrak kerja bahwa roomboy harus mengerjakan loundry.Wah gila bener!Jadi saran kita bila anda ingin menjadi roomboy berarti anda harus siap kerja keras tanpa henti selama jam kerja,apalagi kalo dikapal berati anda harus standbay selama 24 jam untuk melayani segala keperluan tamu tanpa boleh mengeluh dan capai.Hal lain yang harus diperhatikan jika anda memilih ingin jadi roomboy kapal wisata lokal,anda harus mengatasi segala kerusakan dikamar-kamar tamu dengan cepat,sebab kalo tidak maka tamu anda akan komplen sudah bayar mahal kok kamarnya ga nyaman.Maka kalo ada laporan dari tamu tentang kerusakan material kamar seperti atap bocor,kran jebol,atau bahkan ada kecoa yang ikut menemani tidur tamu,anda harus sigap dan cepat menanganinya,jangan sampai tamu komplen karena hal-hal kecil seperti diatas.Jadi intinya roomboy dikapal wisata harus bisa menjadi tukang segala tukang,misalnya kalo kran jebol roomboy harus bisa menjadi tukang pipa yang ahli pasang pipa berikut kran- nya,lalu kalo atap bocor roomboy harus menjadi tukang kayu yang harus menambal ternit kapal baik dengan kayu atau plastik,WC mampet juga menjadi tanggungan roomboy karena letaknya dikamar tamu,jadi anda harus bisa menjdi tukang sedot WC he..he..dan masih banyak hal lain lagi.

Maka untuk para perwira tolong perlakukan roomboy dengan sopan dan jangan anggap sebagai tukang cleaning servis yang tak berharga sama sekali dimata anda,karena tanpa roomboy yakinlah kalo kapal tidak akan bisa berlayar lancar,karena tidak mungkin tugas-tugasnya akan di handle oleh juru mudi,atau perwira karena tugasnya beda-beda dan membutuhkan ketelitian yang tidak semua orang mampu melakukanya dengan baik walaupun perwira kapal sekalipun.

Karena saya sendiri juga memiliki pekerjaan seperti itu,maka mari kita mengajak orang lain agar jangan memandang roomboy dengan rendah,karena pada dasarnya roomboy sangat dibutuhkan sebagai penaggung jawab kebersihan, keindahan,kenyamanan, dan keamanan di hotel maupun kapal wisata,kalo ga ada roomboy ya kapalnya ga laku wong kamarnya ga ada yang ngrawat,dan membersihkanya.apalagi ga ada roomboy ,meski ada roomboy  tapi kalo malas ya kapalnya ga akan laku,coba deh kalo ga percaya.

Tugas-tugas roomboy di kapal wisata lokal khusus diving:

1. Menyiapkan kamar yang akan dipakai tamu bermalam

2. Menyiapkan pool towel untuk tamu habis diving(kapal diving)

3. Menyiapkan handuk kamera untuk tamu

4. Membantu mengangkat tabung setelah tamu selesai menyelam

5. Mencuci linen yang dipakai tamu 3 hari sekali,dan di akhir trip

6. Mencuci pakaian tamu (tiap hari pasti ada)

7. Menyeterika dan melipatnya dengan rapi

8. Menangani keluhan tamu tentang kebocoran kamar,kran,WC bau,dll

9. Membantu juru mudi membuka layar jika diperlukan

Baca juga artikel kami tentang tempat-tempat diving di Raja Ampat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: